SISTEM KOMPUTER

hii everyone!!
kembali lagi dengan aku yeyy. bagaimana kabar kalian hari ini semoga baik dan sehat semuanya ya.okeyy disini saya akan menjelaskan materi tentang Sistem Komputer.

Sistem Komputer 
Adalah kombinasi antara hardware, software dan brainware yang melakukan tugas tertentu sesuai dengan fungsi dan kapasitasnya untuk meraih suatu tujuan. Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau electronic data processing (EDP).

Siklus Pengolahan Data
https://images.app.goo.gl/PdNZLzZzCWnktNuB8
•Input (data)
Kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan.
•Processing (pengolahan data)
Manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan berarti.
•Output (informasi)
Hasil dari kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian.

Elemen Sistem Komputer

1. Hardware : Input, Process, Output
2. Software: Sistem Operasi, Applikasi
3. Brainware: User, Programmer, Sistem Analis.

             Struktur Hardware Komputer 

Fungsi Komponen Hardware

• Input Device (Alat Masukan) 
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data atau perintah ke dalam computer.
• Output  ( Alat Keluaran )
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft copy (ke monitor). ataupun berupa suara.
• I/O Ports
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem.
Peralatan Input dan Output diatas terhubung melalui port ini.
• CPU (Central Processing Unit) 
Merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu; ALU (Aritchmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
• Memori
Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan progam yang kita oleh untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan. 
• Data Bus
Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat di transfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
• Address Bus 
Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel. 
• Control Bus
Control bus digunakan untuk mengontrol pengguna serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.

Perangkat Input

• Input langsung
Keyboard, pointing device (mouse, touch screen, light pen, dan digitizer graphics tablet), scanner (magnetic ink character recognition, optical data reader atau optical character recognition reader), sensor (digitizing camera), dan voice recognizer (microphone). 
• Input tidak langsung
Keypunch yang dilakukan melalui media punched card (kartu plong),  key-to-tape yang merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key-to-disk yang merekam data ke media magnetic disk (disket atau harddisk) sebelum diproses lebih lanjut.

Perangkat Output

•Hard-copy device :
Alat untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.
•Soft-copy device :
Alat untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik. 
•Drive device atau driver :
Alat untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input. 

Software

• Progam Komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras
• Juga dikatakan sebagai 'penterjemah' perintah-perintah dari pengguna untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras.
• Berisi Instruksi untuk mengerjakan prosedur tertentu, baik memproses data, melakukan perhitungan, berinteraksi dengan software lain (OS maupun aplikasi lainnya) hingga mengontrol perangkat keras (disebut device driver).

Software

Ada 3 Kategori yaitu :
• Sistem Operasi
• Progam Aplikasi
• Bahasa Pemrograman

Software

Sistem Operasi :
• Subkelas software lapisan pertama (pertama kali diletakkan di memori komputer saat dinyalakan)
• Yang bertugas mengontrol dan mengelola hardware serta menyediakan operasi dasar sistem (akses ke disk, manajemen memori, skedulung task, dan antar-muka user)
• Bertindak sebagai host bagi semua aplikasi yang dijalankan pada komputer untuk menangani detail operasi the hardware
• Contoh: Ms Windows, Linux, IOS, Netwere, dll.

Software
Progam Aplikasi

• Subkelas software yang di desain bagi end user untuk memanfaatkan kemampuan komputer secara langsung
• Melakukan tugas yang spesifik
• Membutuhkan OS saat dijalankan
• Seringkali antar progam aplikasi memiliki kemampuan berinteraksi satu dengan yang lain
• Contoh : Ms Word, Photoshop, dll.

Software
Bahasa Pemrograman

• Subkelas dari software yang digunakan untuk menulis (membuat) software
• Menterjemahkan seluruh kode progam yang dibuat ke bahasa mesin
• 2 Kategori: Bahasa Tingkat tinggi dan Bahasa Tingkat rendah 

• Bahasa Tingkat Rendah :
- Sekumpulan perintah / intruksi yang memiliki struktur dan perintah bahasa mesin / seperti bahasa mesin
- Bukan bahasa mesin -> merupakan pengkodean instruksi bahasa mesin untuk mempermudah penyusunan progam 
- Didesign sesuai dengan CPU yang di gunakan.
Contoh :
1. Bahasa Mesin
000000 00001 00010 00110 00000 100000
2. Bahasa Assembly
mov      ax,4C00h   } masih harus di terjemahkan ke bahasa mesin
int              21h        } masih harus di terjemahkan ke bahasa mesin

• Bahasa Tingkat Tinggi
- Sekumpulan perintah / intruksi untuk menyusun progam yang tidak tergantung pada CPU yang digunakan 
- Membutuhkan "penterjemah" (Compiler/Interpreter) agar dapat di proses oleh mesin
"English like"
Contoh :
1. Bahasa C 
#incluce <stdio.h> 
int a, b; 
main ()
{ a = 4;
  b= a + 6;
if (a==5)
  printf ("Nilai a samadengan 5");
if (b>9) 
printv ("Nilai b lebih besar dari 9");
}

2. Bahasa BASIC
DIM a, b as int 
a = 4
b = a + 6
IF (a = 5) THEN 
      PRINT "Nilai a samadengan 5"
END IF 
IF b>9 THEN 
     PRINT "Nilai b lebih besar dari 9"
END IF

Brainware
• SYSTEM ANALIS
Orang yang merancang suatu system
• PROGRAMMER
Orang yang membuat progam
• END USER
Orang yang menggunakan komputer secara langsung


Postingan Populer